Rute Tour

Perjalanan LAVA Tour Merapi ini dimulai dari Musium Merapi.

Museum Gunung Api Merapi terletak di kawasan lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya berada di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.




Tour ini akan membawa Anda ketempat pertama yaitu Batu Alien

Adalah salah satu batu besar yang memiliki bentuk seperti muka manusia dan terletak dipinggir Sungai Gendol dan masuk di Dusun Jambu, batu ini menurut kepercayaan masyarakat setempat mempunyai kekuatan magis.


Tempat Berikutnya adalah Dusun Kaliadem
Adalah salah satu dusun yang tertutup oleh material vulkanik merapi yang berupa batu batu besar dan pasir. Dusun ini pada masuk dalam Desa Kepuharjo dan sebelum erupsi tahun 2006 Kaliadem merupakan tempat wisata dan perkemahan yang sering dikunjungi, tetapi pada tahun 2006 Kaliadem sebelah utara tepatnya yang terkenal dengan Bebeng terkena erupsi yang mengakibatkan meninggalnya dua orang relawan yang terkubur di Bunker Kaliadem dan menghancurkan segala fasilitas yang dibangun di area bumi perkemahan Kaliadem.

Pada saat terjadi erupsi Merapi tahun 2010 Kaliadem kembali terkena Erupsi sehingga mengakibatkan terkuburnya Dusun Kaliadem sehingga yang kelihatan tinggal hamparan pasir dan batu batu besar. Kaliadem merupakan puncak tertinggi dari jalur yang dapat dilalui oleh kendaraan jeep, tetapi di Kaliadem pengunjung bisa melihat banyak fenomena yang merupakan sisa dari hasil erupsi merapi tahun 2010 seperti : Bekas Batu Gajah, Gapura Pemantauan, Area yang masih mengeluarkan asap dan bau belerang, view kota Yogyakarta dan sekitarnya dari lereng merapi, view gunung Merapi yang terletak hanya 5 kilometer dari puncak, serta landscape material merapi sepanjang 14 kilometer.

Material Panas Kaliadem
Merupakan Hamparan Material Erupsi yang masih Panas, disitu pengunjung bisa membawa telur yang kemudian di pendam dalam pasir maka tidak sampai 10 menit sudah matang, dan pengunjung bisa mencoba memukul batu besar yang ada dan batu akan mengeluarkan gema.

Wilayah Kinahrejo dan makam Almarhum Mbah Maridjan


Merupakan makam dari tokoh dilereng Gunung Merapi yang merupakan Juru Kunci Gunung Merapi yang menjadi salah satu korban dari ganasnya erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang terletak di Dusun Srunen Desa Kepuharjo Cangkringan. Disini pengunjung dapat berziarah sekaligus berwisata di area Vulcano Tour Glagaharjo.


Batu "Gajah" Kepuharjo

Merupakan batu yang sangat besar yang berasal dari lahar panas erupsi Merapi yang terletak di wilayah Desa Kepuharjo dan terletak dipinggir jalan yang menghubungkan antara wilayah Desa Kepuharjo dengan Desa Glagaharjo. Batu ini sebesar 3 truk besar dan menurut masyarakat setempat batu ini tidak dapat dipecah dengan alat apapun.

Musium "SISA HARTAKU"
Ada satu rumah milik Bp Kimin yang ikut terkena awan panas dan sekarang dijadikan "musium" karena memajang barang miliknya dari mulai sapi peliharaannya, motor dan masih banyak lagi.





Kapasitas Penumpang 4 - 5 Orang
Kendaraan Hardtop Land Cruiser
Untuk Sekali LAVA TOUR biaya yang harus dikeluarkan IDR 250K

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS